Minggu, 20 Januari 2013

Promosi Produk Unggulan PNPM-MP di Kabupaten Banjarnegara

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat pagi menjelang siang ya para pengunjung dunia maya. kali ini saya akan mencoba mengulas tentang Produk Produk unggulan PNPM-MP Kabupaten Banjarnegara. Oke, langsung saja kita baca.
           
Peta Kabupaten Banjarnegara
Banjarnegara, Masih adakah diantara kalian yang tidak mengetahui tentang kabupaten yang satu ini..? wah kalo ada yang belum tahu segera saja cari di google map gan. Banjarnegara adalah tanah kelahiranku, dan Banjarnegara adalah kabupaten yang eksotis. Banyak pegunungan yang menjulang, obyek wisata alam, kulinernya, maupun kultur masyarakatnya.Dan di Banjarnegara sudah banyak Produk kerajinan yang sudah terkenal, antara lain keramik klampok, maupun batik gumelem. Banjarnegara merupakan Kabupaten yang berada di antara kabupaten Purbalingga, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banyumas.



Hari ini Tanggal 20 Januari 2013, di Central Hotel Banjarnegara ada acara spesial yang dinamakan "Promosi Produk Unggulan PNPM-MP Melalui Media Online dan Pesta Blogger". Diacara ini banyak kegiatan kegiatan yang dilakukan. Antara lain Pameran Produk Unggulan, dan Pesta Bagi Para Blogger. 


Dalam acara ini, para blogger diminta untuk mencoba untuk mempromosikan produk-produk unggulan PNPM-MP melalui media online yaitu lewat Blog. Acara yang di selenggarakan oleh RBM ini ternyata mempunyai banyak peminat dikalangan para Blogger yang kebanyakan masih duduk di bangku SMA dan sederajat. Dan produk- produk yang dipamerkan adalah produk- produk yang sudah dinaungi oleh PNPM-MP kabupaten Banjarnegara.



Produk produk yang dihasilkan merupakan inovasi maupun kreatifitas seseorang maupun kelompok. Tetapi produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik, dan tidak kalah dengan produk produk pabrikan.


Dan berikut ini adalah beberapa contoh produk yang di pamerkan pada acara ini :

1. Dawet Ayu Da'Lele

    Masih adakah diantara kalian yang tidak mengetahui minuman khas banjarnegara, yaitu Dawet Ayu.? kalau belum tahu sebaiknya anda segera gugling dan segera mencoba minuman yang satu ini. Apalagi Dawet Ayu Da'Lele. Ha? Kok ada kata Lele? pasti kalian akan berpikir bahwa minuman ini ada unsul lele lelean (entah itu dicampur atau sambil makan lele). Yap benar sekalai, kata lele yang ada pada nama minuman ini adalah memang benar benar lele. Karena minuman ini merupakan inovasi terbaru dari minuman dawet ayu Banjarnegara yang memakai daging ikan lele sebanyak 30%. Minuman ini bisa tercipta karena ada penyuluhan dari pemerintah dalam program Gemar makan Ikan, dan kemudian Ibu Fedwi Anggi I., S.Pi seorang lulusan dari IPB berpikiran bahwa mencoba untuk mengolah olahan dari daging ikan dalam bentuk lain. Dan dia memilih dawet ayu sebagai olahannya. beliau memilih ikan lele karena dagingnya banyak dan karena harganya yang murah juga. Dawet Ayu Da'Lele ini mempunyai khasiat antara lain :
  • Memperkuat otot perut
  • Berguna dalam masa pertumbuhan dan perkembangan tulang anak
  • Mencerdaskan otak
  • Dan dapat melindungi anak dari virus herpes
Untuk Contact person anda dapat menghubungi Ibu Fedwi Anggi I., S.Pi dengan menghubunginya di (08561675502/ 082265768180)

2. Kerajinan Rajutan
    Kerajinan rajutan ini dibuat oleh para ibu ibu kreatif di daerah kecamatan Purwonegoro yang bergabung dalam "Muntang Sari Art" bertujuan untuk menambah penghasilannya dan sebagai pengisi waktu luang mereka. Kerajinan Rajutan ini mampu menghasilkan berbagai macam produk produk yang berguna untuk kehidupan sehari- hari kita, antara lain ada Tempat Botol, Sandal, Tempat HP, Dompet, Bandana, ikat rambut, bros, tas, hiasan gantung, dan masih ada banyak lagi. Dan harga produk- produknya berkisar antara Rp 2500,00 hingga Rp. 30.000,00. Menurut saya produk-produk yang dihasilkan cukup bagus kualitasnya dan sangat berwarna warni, dan tak kalah dengan produk pabrikan. 
Untuk Contact Person anda dapat menghubungi Gian Briansih di 081327726861 atau lewat email di muntangsari@yahoo.co.id

3. Kemudian ada berbagai macam produk lainnya yang juga dipamerkan pada acara "Promosi Produk Unggulan PNPM-MP Melalui Media Online dan Pesta Blogger" yang tidak bisa saya uraikan lebih dalam. 
Antara lain :
  • Kripik Jamur Tiram
  • Sale Madu
  • Kripik Pisang Raja
  • Rengginang Ketan
  • Salak Pondoh
  • Kripik Apel
  • Kripik Salak
  • Kripik Nanas
  • Dodol Salak Pondoh
  • Kacang Dieng
  • Wajik Kletik
  • Kripik Kenthang
  • Kripik Jagung Manis
  • Kripik Ikan Patin
  • Sirup Carica

Dan mungkin demikianlah apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Memang banyak Inovasi yang ada di Bnajarnegara, tetapi dalam media promosi itu sangatlah kurang. Sehingga, masyarakat luar Kabupaten Banjarnegara maupun masyarakat Banjarnegara tidak mengetahui produk produk baru tersebut. Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui PNPM-MP dan RBM terus memberikan kesempatan bagi orang orang untuk terus menggali potensi yang ada maupun untuk mengembangkan usaha kreatif mereka. Ya semoga saja dengan Pesta Blogger ini, produk produk kreatif dapat tersebar luaskan infonya, entah itu di dunia maya maupun di dunia nyata. Karena produk- produk ini mempunyai potensi yang besar sebagai sumber pendapatan. 
Dan akhir kata,
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Dan Saya juga tetap menyarankan agar terus menggunakan Internet dengan sehat dan dengan aman OK..?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar